Entri yang Diunggulkan

Bagaimana cara Download / How to Download Papercraft

How to Download in Linkvertise Ikuti cara download pola papercraft di wongday papercraft agar aman dari virus

Granat Tangan / Grenade

Design Papercraft by Wong Hidayat 2018



Bagi kalian yang gemar menonton film tentang peperangan, pasti tak asing lagi dengan jenis senjata wajib militer ini: granat tangan.
Senjata ini sangat ampuh untuk melumpuhkan musuh dalam jarak yang tidak terlalu jauh, dan sangat mudah digunakan. Tapi tahukah kamu, kapan granat tangan ini pertama kali digunakan?
Sejarah mencatat granat tangan pertama kali digunakan pada abad ke-15 (rentang tahun 1400 – 1500). Sedangkan siapa orang yang pertama kali menciptakan granat tangan tidak diketahui hingga kini.
Pada masa itu granat tangan hanya berupa besi berongga dan diisi dengan bubuk mesiu, dilengkapi dengan sumbu sederhana. Apa itu bubuk mesiu? Itu adalah campuran bahan kimiawi yang sangat mudah terbakar atau meledak jika terpapar percikan api.
Mulai pada abad ke-17 (antara tahun 1600 – 1700) granat tangan secara resmi digunakan oleh satuan tetara di beberapa negara. Beberapa kesatuan militer melatih sekelompok tentara secara spesial untuk melempar granat tangan. Kesatuan tersebut tergolong satuan elitedengan sebutan grenadiers.
Abad ke-19, ketika teknologi senjata perang mulai canggih, tentara pelontar granat tangan mulai kehilangan popularitasnya. Namun granat tangan sendiri tak pernah ditinggalkan.
Pada perang dunia pertama sangat populer granat tangan buatan sendiri, yaitu berupa kaleng makanan yang diisi dengan bubuk mesiu dan batu-batu kecil dengan pemantik sederhana. Bahkan tentara Australia terbiasa membuat granat tangan berbahan kaleng selai, sehingga granat tangan tersebut dikenal dengan sebutan Bom Selai, atau Jam-Tin Bombs.
Granat tangan modern dirintis oleh seorang insinyur Inggris bernama Williams Mills pada tahun 1915, dan dinamakan Bom Mills atau Mills Bombs. Mills menambahkan beberapa elemen pengamanan agar granat tangan ini aman digunakan oleh tentara dan tidak meledak di tangan sebelum dilemparkan. Granat tangan buatan Mills menjadi inspirasi senjata-senjata perang mematikan selama perang dunia pertama, bahkan sepanjang abad ke-20.
Perlu diketahui, jenis granat tangan selain dengan bahan peledak seperti yang kita tahu juga ada granat asap, granat gas (biasanya digunakan saat ada kerusuhan), granat pembakar, dan granat kejut (menghasilkan kilatan cahaya yang sangat menyilaukan selama beberapa detik).
(Sumber: http://sains.me/sejarah-granat-tangan-si-kecil-penghancur/)
Download pola (pdf)
Download Instruksi (pdo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pakailah bahasa yang sopan, komentarlah yg berbungan dengan topik

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.